Cara Melaporkan Penipuan Online Modus QR Code

Cara Melaporkan Penipuan Online Modus QR Code

Beberapa waktu yang lalu ada kasus kerugian kafe yang dialami karena kasir menggunakan QR Code milik sendiri, sehingga pembayaran dari customer masuk ke kantong pribadi karyawan tersebut. Hal tersebut tentunya memberikan kerugian pada kafe karena karyawan dengan sengaja memberikan QR Code yang salah.

Modus penipuan QR Code merupakan salah satu modus penipuan yang terjadi dan bisa membuat pebisnis maupun individu dapat mengalami kerugian. Dengan cara melaporkan penipuan online menggunakan QR Code ini juga bisa sama seperti modus penipuan online lainnya.

Scammer yang menggunakan QR Code untuk penipuan sendiri mempunyai modus yang mirip seperti yang telah dijelaskan, yaitu membuat QR palsu dengan nama merek, toko, ataupun organisasi. QR Code palsu tersebut kemudian mengarahkan ke website dengan malware dan juga bisa mencuri data pribadi oleh pemilik ponsel yang menscan QR Code tersebut.

Website yang diarahkan dari QR code palsu tersebut bisa mencuri data pribadi seperti password, serta bisa mengakses informasi data pribadi yang ada di ponsel korban yang sudah mendapatkan malware dari QR code palsu tersebut. Termasuk kerugian yang dapat dialami adalah dapat untuk membobol rekening korban berbekal data pribadi yang sudah dikantongi untuk bisa menyebabkan kerugian dengan menguras uang di rekening yang dipunyai.

Modus penipuan dengan menggunakan QR Code ini bisa ditemukan dengan mudah di banyak tempat seperti berikut ini :

Cara Melaporkan Penipuan Online Modus QR Code

  • Anda bisa menemukan QR Code yang palsu dan berbahaya ini di parkiran umum.
  • Anda bisa menemukan QR Code yang berbayar tersebut di restoran.
  • Anda bisa untuk menemukan QR Code yang palsu tersebut di kedai atau kafe kekinian.
  • Anda bisa menemukan QR Code yang berbahaya dan bisa mencuri data pribadi tersebut di agen pembayaran tagihan.
  • Serta masih banyak tempat lainnya yang bisa menemukan QR Code yang palsu, sehingga hal yang bisa dilakukan adalah dengan selalu berhati-hati ketika menscan QR Code.

Ketika menjadi korban penipuan QR Code yang palsu, maka tentunya bisa melaporkannya di tempat yang tepat. Cara melaporkan penipuan online ini bisa dilakukan di banyak tempat, utamanya ketika telah menjadi korban penipuan sehingga kehilangan dana yang dipunyai di rekening dan ditransfer ke rekening lainnya. Maka salah satu langkah untuk bisa melaporkan penipuan yang dialami adalah dengan melakukan pelaporan online agar rekening penipu bisa untuk terdaftar hingga diblokir.

Beberapa tempat yang bisa digunakan untuk melakukan pelaporan penipuan dengan modus QR Code adalah di tempat berikut ini :

  • Pertama tentunya bisa untuk melakukan laporan ke pihak yang berwajib. Anda perlu untuk melakukan laporan di kepolisian yang akan membantu untuk mengatasi tindakan penipuan yang Anda alami termasuk juga berusaha untuk menangkap pelaku.
  • Selanjutnya bisa melakukan pelaporan di berbagai situs yang tersedia secara online. Hal ini bisa membantu agar tidak ada korban lainnya yang mengalami penipuan yang Anda alami seperti di Cek Rekening, Lapor, OJK, dan Kredibel.
  • Pastikan untuk melakukan pelaporan ke pihak bank ketika mengalami kerugian. Anda bisa menghubungi customer service bank seperti 1500888 bagi yang nasabah bank BCA. Laporkan tindakan penipuan yang dialami ke nomor Halo BCA tersebut agar dibantu untuk memblokir rekening pelaku serta meneruskannya ke pihak yang berwajib.

Selain melaporkannya di tempat yang tepat, sebelumnya Anda bisa untuk berhati-hati sehingga tidak menjadi salah satu korban penipuan yang menggunakan modus QR Code yang berbahaya ini. Di mana tips untuk menghindari modus penipuan ini adalah dengan:

  • Berhati-hati untuk website yang diarahkan QR Code bukan .com tetapi .net.
  • Pastikan untuk menggunakan aplikasi scanner yang aman digunakan.
  • Sistem keamanan selalu update dengan rutin.
  • Gunakan QR dinamis untuk pembayaran dari mesin EDC sehingga lebih aman.

Sehingga dengan berhati-hati ketika membutuhkan untuk menscan QR Code tersebut akan membuat Anda terhindar dari modus penipuan sehingga tidak perlu untuk melakukan cara melaporkan penipuan online seperti di atas. Bagi nasabah BCA, jangan lupa untuk segera menghubungi Halo BCA 1500888 ketika mendeteksi modus penipuan menggunakan modus QR Code ini maupun modus penipuan online lainnya.

Referensi: https://www.bca.co.id/id/informasi/awas-modus/2022/04/11/04/19/hati-hati-penipuan-online-ini-cara-melaporkannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *