Prof I Nyoman Gde Antara: Universitas Udayana Gencar Berkontribusi dalam Isu Energi Bersih

Pemerintah Indonesia dalam KTT PBB terkait perubahan iklim COP26 tahun 2021, telah memperkuat komitmen dengan menargetkan tercapainya net zero emission (NZE) pada 2060. Rektor Universitas Udayana Prof I Nyoman Gde Antara mengatakan, komitmen itu termasuk menyediakan masa transisi untuk beradaptasi sampai 2030, di mana Universitas Udayana juga siap berperan serta dan berkontribusi nyata dalam peningkatan pemahaman tentang NZE. "Universitas Udayana gencar dalam berkontribusi dalam isu energi bersih dan pembangunan berkelanjutan melalui Tri Dharma perguruan tinggi," ujarnya dalam seminar nasional "Bali untuk Pariwisata Hijau & Berkelanjutan Menuju Net Zero Emission di Indonesia", Rabu (27/7/2022).

Dalam rencana induk penelitian, Universitas Udayana telah merumuskan 4 bidang unggulan penelitian, pertama yaitu bidang pariwisata ekonomi dan sosial budaya. "Kedua, bidang ketahanan pangan energi dan lingkungan," katanya. Kemudian bidang ketiga yakni kesehatan dan obat obatan, dan bidang keempat yaitu menyangkut infrastruktur transportasi material dan teknologi informasi.

"Dalam setiap bidang unggulan tersebut, telah dirumuskan topik topik penelitian yang secara langsung maupun tidak agar mampu mendukung NZE beserta peta jalan pencapaiannya," pungkas Nyoman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.